6 Hal Tentang Belalang

Tulisan ini adalah catatanku yang aku dengar dari khotbah di gereja pada hari minggu tanggal 12 Februari 2023.

Nats khotbah : Yoel 1:1-6 (diharapkan dibaca terlebih dahulu)

Pengantar: Garis besar nats khotbahnya menceritakan tulah belalang yang dialami umat Tuhan saat itu. Menurut KBBI, tulah artinya kemalangan atau kutuk karena perbuatan jahat.

Tulah diizinkan Tuhan dialami umat-Nya bukan untuk memusnahkan si pendosa. Tetapi tulah didatangkan untuk membersihkan kejahatan. Ingat, tulah datang karena perbuatan jahat.

Kita masuk ke belalang

Belalang

Ada apa dengan belalang, mengapa Tuhan memakai belalang? Ternyata cukup banyak Alkitab bercerita tentang belalang. Ada 6 ayat yang menggambarkan seperti apa belalang itu dan ada makna yang bisa kita pelajari dari keenam ayat tersebut.

1. Belalang Tidak Punya Raja

Baca Amsal 30:27
Belalang tidak punya raja tetapi kalau berbaris sangat teratur. Umat Tuhan mesti memiliki sifat teratur, apalagi kita punya raja yaitu Allah.

2. Belalang Menutupi Mesir

Baca Keluaran 10:15
Coba bayangkan sebentar, bagaimana belalang bisa menutupi permukaan bumi sehingga Mesir menjadi gelap. Berarti belalang itu bersatu, sangat rapat dan rapi, sampai-sampai sinar matahari tidak bisa menembusnya. Jika umat Tuhan itu hidup bersatu, bukan tidak mungkin bisa mengerjakan hal yang sangat mustahil.

3. Belalang Kompak

Baca Hakim-hakim 6:5
Belalang digambarkan hidup dalam kebersamaan. Umat Tuhan semestinya hidup dalam kebersamaan dengan sesamanya.

4. Belalang Dipanggil Tuhan

Baca Mazmur 105:34
Belalang keren kan? Belalang dipanggil Tuhan, yang datang tidak terbilang banyaknya. Belalang dipanggil untuk menjalankan misi-Nya. Jika umat Tuhan dipanggil untuk menjalankan misi-Nya, yang datang mestinya banyak, kalau bisa sampai gak terhitung banyaknya.

5. Belalang Sebagai Tentara Tuhan

Baca Yoel 2:25
Belalang dipakai Tuhan untuk membersihkan kejahatan. Ingat, tulah itu datang karena perbuatan jahat. Dan mendatangkan tulah adalah cara membersihkan kejahatan. Yang seharusnya membersihkan kejahatan adalah tugas umat Tuhan, bukan tugas belalang. Umat Tuhan seharusnya menjadi tentara-Nya untuk membersihkan kejahatan.

6. Belalang Memiliki Peranan Penting

Baca Matius 3:4
Belalang pernah memiliki peranan penting dalam kehidupan seorang nabi yaitu nabi Yohanes. Belalang seolah-olah menawarkan dirinya, mengorbankan hidupnya untuk sesuatu yang sangat berguna. Umat Tuhan mesti hidup berkorban untuk berguna.

Kesimpulan: Ada 6 poin penting yang bisa dipelajari dari belalang. Yaitu: hidup teratur, bersatu, kompak, mau datang kalau dipanggil Tuhan, membersihkan kejahatan dan hidup untuk berguna.

Penutup: Mari jadi belalang. Wkwk bercanda 😜

Sekian catatan saya. Terimakasih sudah membacanya. 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

2022

BELAJAR DARI LEA

v